Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dukuh Mandiri

16 Januari 2019 09:35:45 Berita Lokal

Rabu 26 Desember 2018, Pemdes Desa Dukuh mengadakan rapat yang dihadiri oleh masyarakat desa Dukuh untuk membentuk kelompok informasi masyarakat atau yang kerap disingkat dengan KIM.

 

Rapat ini dihadiri oleh masyarakat khususnya para remaja dari setiap RW yang mengerti tentang cara mengelola internet. Alasan pemerintah Mengundang lebih banyak kaum remaja adalah karena Pemerintah Desa membutuhkan orang yang paham Bagaimana cara kerja internet. Para remaja saat ini tentunya sudah banyak yang mengenal internet dan juga mempunyai skill yang baik dalam surfing di internet. Hal ini tentunya memudahkan pemerintah untuk menyebarkan informasi yang ada di daerahnya. Itulah yang menjadikan pemerintah desa memilih para remaja sebagai anggota yang menjalankan organisasi ini.

 

Selain karena ingin membuat lembaga penyebaran informasi juga tujuan lain dibentuknya Kim ini adalah sebagai pemberdayaan remaja Desa Dukuh agar menjadi remaja yang lebih aktif.

 

Rapat yang diadakan Rabu lalu telah menghasilkan organisasi Kim dengan beranggotakan sebanyak 39 orang yang dibentuk oleh sekdes Desa Dukuh, Deni Rusmawan dan oleh seorang narasumber dari pihak kecamatan Ibun, Cecep Zainal Muttaqin.

 

Kim adalah kelompok yang dibentuk oleh dari untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

 

Tujuan dibentuk KIM adalah sebagai Wahana informasi, Mitra dialog dengan pemerintah, peningkatan literasi masyarakat di bidang informasi dan media massa serta sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

 

Rencananya KIM ini dapat membantu Pemdes dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat dan menjadi Wahana apresiasi masyarakat untuk nantinya diserahkan kepada pemerintahan desa.

 

Lalu apakah masyarakat sudah mengetahui tentang Kim ini?

 

Sebagai media informasi kini KIM tengah memulai aktivitasnya di masyarakat dengan mulai mengenalkan dirinya baik secara tatap muka, media sosial dan juga selebaran-selebaran.

 

Sebagai tim yang baru dibentuk KIM Dukuh tentunya memiliki hambatan dalam kelancarannya seperti masih banyaknya anggota masyarakat yang tidak memahami apa itu Kim, anggota kelompok yang jarang aktif dan juga kesesuaian waktu yang membuat anggotanya sulit berkumpul karena memiliki kesibukan masing-masing. Namun meskipun demikian, harapan ketercapaian tujuan kini dapat tercapai dan berjalan dengan baik.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Widara No 157 Desa Dukuh Kecamatan Ibun
Desa Dukuh
Kecamatan Ibun
Kabupaten Bandung
Kodepos 40384
Telepon 081220909330
Email info@dukuh.desa.id

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung