Kades Dukuh Libatkan RW Dalam Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

KIM Desa Dukuh 19 Maret 2020 13:39:10 Berita Desa

Dukuh-Maraknya penyebaran covid-19 atau corona virus di Indonesia membuat Kades Dukuh sekaligus Ketua Apdesi Kecamatan Ibun, Yanto Erawanto khawatir dan bergerak cepat dalam upaya antisipasi Covid-19. Rabu pagi di Aula Desa Dukuh Kecamatan Ibun, berlandas pada Surat Edaran Bupati Bandung nomor 443/730/umum, pemerintah Desa Dukuh mengundang RT dan RW serta Kadus untuk mengikuti sosialisasi guna mengedukasi dan antisipasi penyebaran Covid-19.

Virus yang sedang merebak di berbagai wilayah ini memang sedang menjadi perbincangan umum. Banyak negara negara yang sudah terjangkit covid-19. Tak terelakan Indonesia menjadi salah satu negara terjangkit. Hingga Rabu sore, tercatat sebanyak 227 orang  telah terjangkit virus ini. Penyebaran yang sangat cepat membuat warga khawatir.

 Dalam sambutannya, Kades Dukuh menyampaikan jika pola hidup sehat harus benar benar dijaga. Cara mengantisipasi ini diantaranya adalah dengan melakukan program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Dengan program ini, kades berharap agar masyarakat mempunyai kesadaran pentingnya merawat dan menjaga lingkungan agar tetap bersih hingga daat terhindar dari berbagai macam penyakit. Tidak hanya Virus Corona saja melainkan penyakit lainnya.

Karena kurangnya fasilitas kebersihan seperti tempat pembuangan sampah di Desa Dukuh, Kades mengintruksikan agar setiap wilayah harus disediakan tempat sampah dan melakukan pembakaran sampah secara berkala.

Pada kesempatan ini, pemdes mengundang beberapa narasumber dari Puskesmas Ibun guna memberikan edukasi dan pemahaman mengenai Covid-19. Pemahaman ini tentu sangat diperlukan agar masyarakat bisa memahami dan tahu bagaimana harus bertindak. Bapak Irwan mengungkapkan jika virus ini dapat menular melalui sistem pernafasan. Untuk itu, ia menyarankan agar selalu memakai Alat Perlindungan Diri (ADP). Selain itu, Bidan Mayang Pupu Maspupah juga berharap agar masyarakat tetap tenang dan menyarankan agar tidak banyak melakukan aktivitas diluar rumah jika tidak ada hal yang mendesak. 

Berbagai tips diberikan oleh Puskemas Ibun untuk mengantisipasi virus ini, dari memakai masker, selalu mencuci tangan dan/atau hand sanitizer, gerakan PHBS hingga Germas. Selain itu, disarankan juga melakukan Social Distancing dan tidak disarankan untuk berpergian selama 14 hari.

Menyikapi hal ini, masyarakat bertanya tanya perihal bagaimana jika melakukan ibadah di dalam masjid. Menilai jika itu adalah kewajiban umat Islam yang tidak boleh ditinggalkan, puskesmas menyarankan agar dilakukan disinfektan sebelum ada aktifitas di masjid. Baik itu disinfektan permukaan maupun udara.

Selain berbagi edukasi, puskesmas Ibun juga memberikan trik membuat hand sanitizer dan disinfektan dirumah. Triana dan Mayang mengungkapkan masyarakat bisa menggunakan beberapa bahan untuk digunakan sebagai hand sanitizer. Diantaranya dengan menggunakan media daun sirih, ekstrak lidah buaya, alkohol atau baby oil. Ia juga mengedukasi masyarakat bagaimana cara memakai masker yang benar hingga masa aktif masker yang tidak boleh digunakan kembali apabila sudah melebihi 6 (enam) jam.

Setelah sosialisasi ini, pemdes Dukuh berharap masyarakat menjadi tahu dan tidak perlu panik mengahadapi virus ini. Kesra Dukuh, Suhandi juga mengharapkan melalui RW agar sosialisasi yang telah digelar ini dapat diteruskan kepada seluruh warga Desa Dukuh, baik itu melalui mulut ke mulut ataupun menyebarkan surat edaran yang dibuat oleh pemerintah mengenai pencegahan dan antisipasi covid-19.

artikel ini telah tayang di https://kimonline.bandungkab.go.id/kim/detailpost/kades-dukuh-libatkan-rw-dalam-sosialisasikan-pencegahan-covid-19 pada 19-03-2020

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Widara No 157 Desa Dukuh Kecamatan Ibun
Desa Dukuh
Kecamatan Ibun
Kabupaten Bandung
Kodepos 40384
Telepon 081220909330
Email info@dukuh.desa.id

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung